Archive for December 3rd, 2015

Masa Depan Pendidikan Indonesia

yuniawan on Dec 3rd 2015

Setelah sekian lama cukup “produktif” di dunia blogger :D kini di akhir tahun 2015 ini, kita orang ingin kembali menulis. Bayangin saja, selama 2014 kita orang mampu menulis 3 kali saja. Dan hingga tulisan ini belum selesai ditulis, kini masih menulis 2 coretan saja di tahun 2015 :D

Okay. Saya berharap, mulai saat ini coba menulis hal yang sederhana saja, dimulai dari kejadian kecil di sekitar kita, dan menuliskan apa yang terlintas di otak saja. Tidak perlu terlalu serius, atau menyandarkan pada teori yang di atas awan, namun cukup menulis apa yang ada di dalam lokal otak saja :D Semoga tetap mampu membawa manfaat :)

Kali ini saya teringat, dengan masa SD dulu, dimana kondisi saat ini pun, rupanya belum terlalu jauh berbeda. Bahkan, menurut saya, anak SD saat ini jauh lebih stress, mengingat tuntutan konten pelajaran dan apresiasi nilai yang dihujamkan ke arah mereka, jauh lebih tajam. Mereka kurang bermain, namun memperoleh beban yang jauh lebih berat.

Sekolah SD

Namun, apakah kita pernah berpikir, bahwa tuntutan nilai bagus kepada mereka, akan sejalan dengan kebutuhan bangsa ini? Apakah bangsa ini lebih membutuhkan banyak orang pintar, ataukah banyak orang jujur? Pemimpin yang intelek, ataukah pemimpin yang amanah? Nah, lantas ke manakah masa depan pendidikan Indonesia? Bagaimana masa depan pendidikan anak bangsa?

Menurut saya, pendidikan bicara soal pewarisan nilai. Mengajarkan soal hal-hal baik, kepada siswanya. Pendidikan sementara ini, saya asumsikan sebagai sekolah. Mari kita berselancar dan membicarakan perihal produk sekolah anak bangsa ini.

Continue Reading »

Filed in Pendidikan Indonesia | One response so far