Archive for December 4th, 2015

Dimensi Kecerdasan Anak Indonesia

yuniawan on Dec 4th 2015

Kemarin (3/12) saya mendapatkan email dari salah satu perusahaan asuransi ternama di Indonesia. Gambarnya menarik, dengan tagline kampanye kegiatan belajar bersama 10 ribu anak Indonesia. Yang menarik, di sana anak disuguhi 4 dimensi arena bermain, yang mencerminkan 4 kecerdasan. Sasarannya, tentu bukan serta merta mencerdaskan anak Indonesia, mungkin lebih kepada aksi nyata terhadap dunia pendidikan. Secara bisnis, memang asuransi ini menyediakan program rencana pendidikan, yang sudah barang tentu sejalan dengan orientasi pemasaaran perusahaan.

Kali ini,  saya tertarik dengan pembagian dimensi kecerdasan menurut mereka. Pertama, yakni dimensi Cerdas Alam. Di sana, kemungkinan akan ada wahana yang berhubungan dengan permainan komputer, mesin mekanik, dan beberapa karya yang dihubungkan dengan galeri kebun binatang. Kemudian kedua, ada dimensi Cerdas Kreatif. Kemungkinan akan disediakan media untuk menggambar, membuat kolase, atau diajari teknik sederhana membuat kaos bagi anak.

Continue Reading »

Filed in Pendidikan Indonesia | No responses yet

Inspirasi Sidang MKD bagi Pendidikan

yuniawan on Dec 4th 2015

Masih untuk memperbincangkan masa depan pendidikan Indonesia. Ada satu hal yang menarik dalam sidang MKD, Kamis (3/12) kemarin. Ini tidak sedang membicarakan soal unsur politiknya, namun sekali lagi, keterkaitannya dengan masa depan pendidikan bangsa ini.

Lho, kok bisa? Apakah ini soal pendidikan politik? Bukan, sekali ini bukan soal politik! Nah, saya tergelitik saat tiba giliran M. Prakosa, anggota MKD dari PDIP bertanya. Mantan menteri kehutanan dan menteri pertanian ini, adalah alumni S1 Fakultas Kehutanan UGM. Kemudian ia sekolah S2 di University of Tennessee, Knoxville, AS ., dan menutup studi S3 di University California Berkeley, AS. 

Sementara lawan yang ditanyai, adalah Marsekal Muda TNI (Purn.) Maroef Sjamsoeddin, sebagai Presdir Freeport Indonesia. Sebelum sebagai Presdir Freeport, pak Maroef adalah Komandan Skadron 465 Paskhas, Atase Pertahanan RI untuk Brasil, dan juga pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Ia memperoleh gelar Master of Business Administration dari Jakarta Institute Management Studies. 
Continue Reading »

Filed in Pendidikan Indonesia | No responses yet