Archive for December 11th, 2015

Pendidikan adalah Mengabarkan Hal-hal Baik

yuniawan on Dec 11th 2015

Rabu (9/12) kemarin untuk pertama kalinya, bangsa Indonesia menggelar pemilihan kepala daerah secara serentak. Setidaknya ada 263 Provinsi/Kabupaten/Kota yang turut dalam pilkada 2015 ini. Lantas, apa pendidikan yang bisa diambil dari anak bangsa? Apakah pendidikan politik? ataukah yang lain?

Ada satu hal yang dapat kita cermati dalam pergulatan pilkada kali ini. Pertama kondisi akar rumput, kemudian tidak terlihat memanas, dikarenakan adanya kebijakan tentang regulasi kampanye, yang dipandang membatasi setiap pasangan calon untuk berlaga dalam memikat hati rakyat. Konon karenanya, petahana menjadi diuntungkan. Akibat tidak adanya baliho atau kampanye di media yang sebelumnya cetar membahana, maka petahana terlihat lebih dikenal oleh rakyatnya. Berdasarkan perhitungan LSI, 70 persen dari total 21 wilayah yang dilakukan hitung cepat oleh LSI, diketahui bahwa pilkada serentak banyak yang dimenangi oleh petahana. 

Sehubungan dengan pendidikan yang semestinya mengabarkan hal-hal baik. Hal ini justru sebuah kemajuan. Mengingat, karenanya tidak ada lagi apa yang disebut dengan istilah black campaign. Nah, peran pendidikan kemudian beralih ke media massa. Mengingat, media massa sangat memegang peran penting pasca dilakukan pencoblosan. Beberapa dugaan kecurangan, atau semacamnya, akan menjadi tampak luar biasa, manakala media massa berusaha merujuk pada kepentingan tertentu. Sehingga, besar kemungkinan sebuah dugaan, akan dikelola atau berhasil didramatisir sedemikian rupa, sehingga nampak beberapa prasangka yang kemudian terlanjur dinilai buruk, melalui corong pemberitaan.

Continue Reading »

Filed in Pendidikan Indonesia | No responses yet