Apa itu Informasi?

yuniawan on Mar 6th 2012

Baru saja memperoleh sudut pandang yang sedikit berbeda sehubungan dengan pengertian informasi. Sebelumnya, istilah informasi sering kita kaitkan dengan data yang diolah sedemikian rupa untuk sebuah bentukan baru yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai input bagi pembuat keputusan. Yang lebih sederhana, informasi bisa disebut sebagai penerang atau semacam pemberitahuan tentang kabar atau berita tertentu. Lantas, apa itu informasi?

Kali ini berdasarkan sumber dari ISO/IEC 17799:2005 informasi diterjemahkan sebagai aset, seperti halnya suatu aset penting yang berpengaruh bagi laju bisnis perusahaan. Menjadi suatu yang utama bagi bisnis organisasi, sehingga akan memiliki konsekuensi kebutuhan, yang sedemikian rupa untuk dilindungi. Mengingat begitu pentingnya peran informasi bagi organisasi, maka segala informasi yang menyangkut dan memiliki konsekuensi bagi kebutuhan organisasi, harus diamankan.

Jika informasi erat kaitannya dengan aset, maka aset yang dimaksud adalah segala sesuatu yang bernilai bagi organisasi perusahaan. Jika dikelompokkan, setidaknya ada 3 jenis infromasi, yaitu: informasi rahasia, informasi internal, dan informasi untuk publik. Mengenai format informasi, dikenal beberapa bentuk, seperti : paper, database, hard disk, flash, CD roms, tapes, drawing, films, conversations, dan sebagainya.

Informasi dari pertama kali ia dibuat, lalu disimpan. Agar bernilai, informasi perlu untuk diproses. Baik itu, dengan jalan digunakan, ataupun ditransmisikan. Kita akan kehilangan informasi, manakala transmisi mengalami kerusakan, atau ketika penggunaannya mengalami korupsi. Karena itu, informasi perlu untuk diamankan. Kegiatan pengamanan atas informasi, berhubungan dengan segala kontrol yang bertujuan untuk menjaga atau melindungi kepercayaan, integritas dan ketersediaan informasi.

Filed in Interest |

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply